Pages

Wednesday, August 18, 2010

cloud computing

ngomong-ngomong soal masa depan nih..insya allah klo emang bener ada, akan dilaksanakan yang namanya cloud computing..
tau kaga cloud computing ntu apa???
nih taq jelasin



menurut buku tatang sutarman..cloud computing itu terdiri dari kata "cloud" dan "computing"
cloud itu awan..
computing itu komputer..
jadi cloud computing itu komputer yang ada di awan..
dooooooooonnngggg,,,,

jadi gini, Cloud Computing adalah konsep dimana pengguna mengambil resource dari jaringan besar yang dalam hal ini disebut awan, untuk kemudian digunakan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu tanpa harus terlalu banyak mengambil resource dari komputer lokal. Bingung? Saya juga…….
Sederhananya, misalkan saja seorang pengguna menggunakan sebuah komputer, dia menjalankan sebuah aplikasi, dimana file-file pendukung aplikasi tersebut tidak terdapat di komputer yang dipakainya itu, namun berada di komputer lain yang dihubungkan oleh jaringan. Jadi pengguna tersebut menjalankan aplikasi yang lokasinya terletak di komputer yang lain, bukan di komputernya sendiri. Meski mungkin penjabarannya tidak sesederhana itu, itulah konsep dasarnya.

Pada konsep Cloud computing terdapat istilah back end dan front end. Keduanya terhubung oleh sebuah jaringan, dapat berupa internet atau yang lebih kecil lagi Front end adalah komputer pengguna (client) yang mengambil data dan menjalankan aplikasi. Sementara Back end merupakan apa yang disebut sebagai awannya, awan inilah yang diambil resourcenya oleh front end. Dimana ia menyediakan apa yang dibutuhkan oleh Front End.

nah jadi seperti itulah gambaran cloud computing. ini akan mempermudah kita dalam mengerjakan suatu pekerjaan. jadi ga ada lagi yang namanya tugas ketinggalan. tinggal sambung internet langsung ambil dah data kita..

No comments: