Pages

Tuesday, September 28, 2010

kedewasaan

KEDEWASAAN
Denger kata itu..kadang gw suka bertanya..apasih dewasa itu? Seperti apa seseorang yang bisa disebut dewasa..apakah umur? Mungkin umur cukup mempengaruhi apakah seseorang sudah dewasa atau belum..tapi disini dewasa dalam umur hanya dilihat dari jumlah angka saja..gw udah umur 21tahun tapi gw masih doyan baca komik, maen game, melakukan hal hal aneh..kaya orang cacat mental sih, tapi gimana atuh, gw doyan..haha..dan kedewasaan bukan dinilai dari hal itu..




Arti dewasa lebih dari pada itu menurut gw..ini Cuma pendapat dari gw aja, pandangan gw aja..klo kita Cuma liat kedewasaan Cuma dari umur saja mungkin pandangan itu terlalu sempit, ada orang yang sudah dewasa dalam umur tapi berlaku seperti anak-anak. Ada yang umurnya masih dibilang anak-anak tapi sudah dapat berpikir dewasa..nah yang pengen dicurhatin seperti apa sih DEWASA itu..
Dalam pengamatan gw, dewasa adalah sikap yang bisa mengkontrol diri sendiri, mampu mempertimbangkan apa yang terbaik dalam sebuah masalah tanpa merugikan orang lain, yang pasti sih mempunyai sikap sabar, iklas. Dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, dapat berpikir panjang kedepan..
Ada hal ironis yang gw dapet di sekitar gw. Orang dewasa ngelarang anak kecil untuk ngeroko, hanya orang dewasa yang sudah boleh ngeroko..menurut gw orang dewasa seperti ini hanya orang dewasa dalam hal umur, harusnya dia mengerti bahwa rokok itu berbahaya, tau resiko, tau bahan bahan kimia perusak apa yang terkandung.. tapi orang dewasa tersebut masih kekanak-kanakan merurut gw karena dia tau mana yang buruk mana yang baik, tapi dia masih mengikuti keegoisan dirinya,, dan tetep meroko
Mungkin kita dituntut untuk bersikap dewasa kalau kita berhadapan dalam sutau masalah. Keputusan seperti apa yang harus diambil. Dari keputusan yang diambil inilah menurut gw seseorang disebut bersikap dewasa atau tidak..Setiap orang pasti punya masalah dalam hidupnya. Sikap seperti apa yang dibutuhkan untuk menghadapi masalah tersebut?dengan masalah mungkin kita akan bisa tau apakah kita udah bisa dibilang cukup dewasa ataukah anak anak yang keinginannya harus terpenuhi, atau egois.
Sebagai contoh kita mendapat cercaan atau hinaan dari orang lain, sikap tidak enak atau tidak menyenangkan dari orang lain, ada yang berpikir “ gw udah dewasa, gw tau gw dihina, gw bukan anak kecil yang ga tau apa apa yang bisa dihina atau dibodohin semau semua orang, gw bisa melakukan hal yang sama” ataukah kita berpikir “kita cukup bersabar aja, yang tau diri kita ya diri kita sendiri dan Allah. Biarkan orang berkata apa. Kita udah dewasa tau mana yang baik dan buruk” ..yang manakah yang dewasa???
Dapat berpikir positif dari semua hal yang terjadi. Menurut gw itu sikap dewasa yang cukup hebat. Karena jarang kita dapat mencari hal positif dari sebuah masalah, apalagi kita diposisi yang lagi tertindas atau posisi dizolimi, posisi yang ga enak..tapi yaaa itu, mungkin dewasa disini kita harus berpikir positif “mungkin ada jalan lain yang lebih baik, bukan di hal ini kita berhasil, siapa tau kalau kita bukan berada diposisi ini, kita malah akan lebih buruk lagi, ambil sebuah pelajaran saja”
Masih banyak banget yang pengen di ungkapkan..tapi karena gw ga jago nulis apa yang ada dalalm pikiran gw, yaudah berarti gw ga bisa nulis panjang lebar..haha..

“kita bukan anak kecil lagi yang selalu menerima apa yang kita mau, menuntut apa yang kita inginkan tapi kita adalah seorang dewasa yang saatnya untuk memberi, berikan hal yang baik kepada orang lain,walau harus menahan diri dari semua keegoisan yang kita miliki, tapi gw percaya apa yang kita hadapkan keorang lain, itulah yang akan orang hadapkan ke kita kelak..berikan kebaikan kepada orang lain, kita pun akan mendapat kebaikan dari orang lain. Kalaupun tidak, Allah tidak buta”

1 comment:

Cloudy Tuesday said...

wah bagus nih postingan..