Pages

Wednesday, July 28, 2010

FRAUD Dalam Dunia IT

fraud IT bisa dibilang adalah kecurangan dalam Teknologi informasi, akan tetapi tidak bisa dibilang atau tergolong suatu tindak kriminal dan tidak bisa dituntut secara hukum.
hmm..mungkin contohnya kaya gini nih
seseorang atau perusahaan IT merancang suatu proyek yang secara teknis klien menjadi sangat
tergantung pada rancangan tersebut, yang mana rancangan tersebut hanya bisa didapat dari
perusahaan IT yang bersangkutan dalam pembuatan proyek tersebut (insya Allah).he.



mungkin jadi kaya monopoli gitu kali ya??
sungguh ironis memang..tapi yang namanya Fraud sudah banyak terjadi di kantor-kantor IT, walau
bukan bermaksud jahat atau licik, tapi karena didorong keinginan menjadi yang terbaik dari kompetitor-
kompetitor yang ada.

yaa..namanya juga bisnis pasti banyak banget strategi yang dilakukan. di dalam dunia IT pun itu berlaku. karena strategi bisnis atau planning yang baik dapat membuat ekonomi perusahaan bertambah incomenya. salah satunya dengan cara Fraud ini. dengan membiasakan konsumen memakai produk tersebut.
tapi pada awalnya strategi ini membutuhkan banyak dana dan jangka waktu panjang, dan dengan syarat utama produk tersebut harus mempunyai ciri khas, berkualitas baik dan mudah digunakan.

saya contohkan perusahaan yang memakai fraud ini..salah satunya adalah perusahaan jaringan terbesar yaitu CISCO (maap bung cisco ane jadiin contoh). CISCO sendiri telah membuat academy untuk mendapatkan sertifikasi keahlian jaringan CISCO (ane juga lagi ikut academy cisco "sombong"). CISCO sendiri memproduksi sebuah router, switch dll dan semua orang tau itu. nah disitulah strategi cisco.
Sebuah perusahaan yang membeli produk cisco secara otomatis akan membutuhkan orang-orang yang mempunyai kemampuan untuk mengoprasikan sebuah alat dari CISCO, yaitu orang orang yang telah mengikuti academy CISCO tersebut.
hal tersebut bisa dibilang sebagai fraud di bidang IT, tapi apa mau dikata, itulah strategi.(asoy)

No comments: